Memahami Kunci Cara Melakukan Inovasi

Berlangganan dan Download 3 ebook Gratis

cara melakukan inovasi

Ilustrasi cara melakukan inovasi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong manusia untuk melakukan perubahan ke arah perbaikan dan penyempurnaan atau yang dikenal dengan istilah inovasi. Inovasi merupakan proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk memperbarui atau membuat produk jadi lebih baik. Produk yang dimaksud bisa berupa barang, jasa, proses dan sistem yang bisa memberikan nilai tambah yang lebih baik. Pelaksanaan perubahan, perbaikan, dan penyempurnaan akan berhasil jika kita memahami kunci cara melakukan inovasi.

Bagaimana Cara Melakukan Inovasi

Melakukan inovasi merupakan langkah tepat untuk menghadapi persaingan bisnis dan sangat efektif untuk memenangkan persaingan. Inovasi merupakan salah satu instrumen penting untuk meningkatkan daya saing. Nah berikut adalah beberapa ide tentang bagaimana cara melakukan inovasi  :

1. Dengan cara memanfaatkan teknologi

Teknologi merupakan alat yang bisa dimanfaatkan untuk membantu memperbaiki atau mempercepat proses kerja. Berikut adalah beberapa contoh penerapan teknologi untuk tujuan inovasi :

  • Penerapan teknologi untuk membuat otomatisasi proses
  • Bisa menggunakan aplikasi software sehingga hasil analisis data bisa lebih cepat dan akurat
  • Menggunakan software bisa membuat pengaturan schedule lebih presisi
  • Sistem absensi dengan menggunakan sidik jari sehingga absensi tidak bisa dicurangi

Beberapa contoh tersebut merupakan penggunaan teknologi untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Gunakan bantuan kemajuan teknologi untuk melakukan inovasi.

2. Dengan meluncurkan produk unik

Dengan kemajuan teknologi, perubahan model suatu produk cepat sekali berubah. Saat ini bisa kita lihat produk elektronik, produk otomotif baik roda dua maupun roda empat, cepat sekali model mereka berubah. Ini semua adalah tuntutan dari konsumen yang memang sangat tinggi. Jika kita memiliki produk yang biasa-biasa saja, lambat laun konsumen akan meninggalkan produk kita. Jadi pengembangan produk wajib dilakukan review secara periodik. Dengan melakukan inovasi, buat produk yang unik dan beda dengan produk produsen lain. Ciptakan nilai tambah (value) lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang harus konsumen belanjakan.

3. Dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan

Dalam sebuah bisnis, pelayanan merupakan variabel penting yang harus diperhatikan. Bisnis dengan kualitas pelayanan yang buruk akan ditinggalkan oleh pelanggan. Buat konsumen nyaman dan enjoy saat transaksi dengan kita, agar konsumen loyal dengan kita. Jika ada masalah, dengarkan keluhan mereka dan segera ditanggapi jangan sampai berlarut-larut tidak ada kejelasan. Semua itu adalah terkait dengan kualitas pelayanan. Tingkatkan terus kualitas pelayanan kita terhadap konsumen. Bekali karyawan dengan pelatihan-pelatihan yang memadai untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen.

4. Dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)

Motor penggerak operasional sebuah bisnis adalah sumber daya manusia (SDM). Sehingga penting sekali untuk memperhatikan tingkat kualitas SDM. Lakukan evaluasi secara periodik untuk menilai kompetensi dan keterampilan kerja mereka masing-masing. Sesuaikan antara kemampuan dengan beban kerja yang diberikan. Jika kompetensi seseorang dirasa kurang memenuhi persyaratan, maka segera untuk dibuat program pelatihan. Dengan selalu memperhatikan kualitas SDM diharapkan operasional bisnis akan berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan.

Dengan pendekatan cara melakukan inovasi di atas, maka akan merubah kondisi jadi lebih baik, membawa perbaikan dan penyempurnaan dari kondisi sebelumnya.

Cara Melakukan Inovasi Baru

Inovasi baru merupakan sebuah ide baru dan segar yang bisa mengubah sesuatu menjadi lebih baik dan memberikan dampak positif bagi kehidupan. Sumber bahan bakar dari inovasi adalah ide kreatif dan segar. Proses untuk mendapatkan ide kreatif bisa dipelajari dan dilatih. Berikut adalah cara-cara yang perlu diketahui untuk bisa melakukan inovasi baru :

1. Mendefinisikan masalah dengan jelas

Latarbelakang melakukan sebuah inovasi baru bertolak dari permasalahan. Sebelum melanjutkan ke tahapan proses inovasi perjelas terlebih dahulu masalah yang akan diperbaiki. Definisikan masalah sejelas-jelasnya sehingga fokus dalam mencari alternatif-alternatif penyelesaiannya.

2. Mencari Ide baru

Untuk mendapatkan ide baru caranya adalah dengan mencari dan mengumpulkan ide sebanyak-banyaknya. Ide-ide alternatif itu barangkali mungkin tidak ada hubungan kuat dengan masalah yang Anda hadapi saat ini. Namun bisa jadi ide alternatif tersebut cocok untuk diterapkan di permasalahan lain.

3. Biasakan bangun lebih pagi

Bangun pagi membuat hidup menjadi bergairah dan semangat dan pikiran menjadi tenang. Dalam kondisi seperti ini pikiran mudah sekali untuk berimajinasi, sehingga mudah menghasilkan ide kreatif untuk mencari solusi masalah. Renungkan tema permasalahan poin 1 di atas dan temukan ide solusinya. Ide kreatif untuk melakukan inovasi akan mudah muncul dikala hati dan pikiran tenang didukung dengan kondisi badan sehat dan bugar.

4. Rasa ingin tahu yang tinggi

Sifat kreatif seseorang dipengaruhi oleh rasa ingin tahu yang tinggi yaitu perilaku yang selalu ingin tahu ” cuman untuk hal yang poistif ya”. Orang yang kreatif selalu ingin tahu dan suka bereksperimen. Jadi untuk bisa melakukan inovasi Anda perlu meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi terhadap masalah yang sedang dihadapi dan mencari solusi bagaimana masalah bisa diselesaikan.

5. Keberanian mengambil resiko dan melakukan kesalahan

Ketakutan mengambil resiko dan melakukan kesalahan merupakan musuh nyata bagi keberhasilan inovasi. Ketakutan akan menimbulkan kekawatiran yang berdampak pada daya kreatifitas yang akan menurun. Sesungguhnya dibalik sebuah resiko adalah kesuksesan dan keberhasilan. Jadi ketakutan mengambil resiko dan melakukan kesalahan harus dihilangkan.

6. Kesungguhan untuk memecahkan masalah

Menyadari bahwa dalam kehidupan ini terdapat banyak tantangan dan masalah. Untuk bisa maju dan sukses kita harus memiliki kesungguhan dan tekad yang kuat untuk menghadapinya. Melakukan inovasi adalah jawaban atas masalah yang sedang dihadapi dan penting untuk segera dilakukan. Di dalam bisnis terdapat jargon yang mengatakan melakukan inovasi atau mati. Hal itu memang benar adanya, jika bisnis tidak melakukan inovasi maka lambat laun akan mengalami kemunduran dan akhirnya mati ditelan persaingan. Jadi kesungguhan untuk menyelesaikan masalah merupakan faktor penting dalam melakukan inovasi.

Untuk mengetahui cara melakukan inovasi baru diperlukan banyak persiapan. Dengan meletakkan dasar yang kuat pemahaman terhadap ke-6 poin di atas, maka pelaksanaan inovasi akan berjalan lancar dan sukses.

Cara Melakukan Inovasi Produk

Inti dari melakukan inovasi adalah mengubah produk, jasa atau proses apapun menjadi sesuatu yang baru dan lebih baik. Di dalam buku yang berjudul “Permainan berpikir”, Michael Michalko menyebutkan ada 9 teknik dasar untuk melakukan perubahan tersebut, yaitu Teknik SKAMPER. Banyak temuan-temuan besar dengan menerapkan teknik SKAMPER. Ide kreatif timbul dari permainan pikiran yang diarahkan.

Teknik SKAMPER merupakan checklist pertanyaan yang  mendorong Anda untuk memikirkan ide kreatif. Maksud dari kata SKAMPER adalah sbb :

1. S = Substitusi ( menggantikan )

2. K = Kombinasi

3. A = Adaptasi

4. M = Modifikasi / memperbesar

5. P = Penggunaan lain

6. E = Eliminasi ( memperkecil/ mengurangi)

7. R = Reverse/ rearrange (mengatur ulang)

Checklist tersebut akan membantu kita mempermudah proses pencarian ide segar yang kreatif dalam melakukan inovasi produk.

Cara penerapan SKAMPER untuk inovasi produk

Penerapan cara melakukan inovasi dengan teknik ini sangatlah sederhana dan mudah. Buatlah sebuah proyek inovasi untuk produk Anda. Masalah apa yang ingin diperbaiki dari produk tersebut. Susunlah permasalahan tersebut dengan narasi pertanyaan yang jelas. Lalu cari alternatif solusi dengan mengembangkan pertanyaan dari teknik SKAMPER di atas.

Contoh pertanyaan-pertanyaan untuk memacu ide kreatifitas  ( ganti kata “produk ini” dengan “produk Anda”) :

  • Apa yang bisa disubstitusi dari “produk ini”?
  • Bagaimana mengkombinasikan “produk ini” agar bisa multi fungsi?
  • Apa yang bisa kita adaptasikan dari “produk ini” atas produk pesaing?
  • Bagaimana memodifikasi “produk ini” agar lebih menarik?
  • Apa saja penggunaan lain dari “produk ini”?
  • Apa yang bisa dieliminasikan dari “produk ini”?
  • Pengaturan ulang apa atas “produk ini” agar lebih baik?

Silahkan dicoba teknik tersebut dan Anda akan tercengan melihat hasilnya dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman di kolom komentar artikel.

HIMBAUAN : Jika artikel ini bermanfaat bagi teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR teman-teman kita juga bisa mendapatkan manfaatnya. Terimakasih…

Berlangganan dan Download 3 ebook Gratis

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *