Cara Mengembangkan Budaya Inovasi di Perusahaan

Berlangganan dan Download 3 ebook Gratis

Ilustrasi budaya inovasi

Pengembangan budaya inovasi di perusahaan sangat dipengaruhi oleh karakteristik sumber daya manusia. Jika pengetahuan, keterampilan, dan moral pegawainya handal, maka perusahaan akan mudah untuk maju dan berkembang. Cara mengembangkan budaya inovasi di perusahaan akan berhasil jika semua pegawai berkomitmen untuk maju dan berkembang.

Budaya Inovasi

Budaya inovasi di perusahaan perlu digaungkan dan selalu didorong sehingga inovasi menjadi sebuah habit dan membudaya di perusahaan.Memang menciptakan dan mengembangkan budaya inovasi tidak, namun jangan sampai berhenti menanamkan konsep budaya inovasi.

Tanpa melakukan inovasi bisnis, seperti inovasi proses kerja dan inovasi produk maka perusahaan akan mengalami kemunduran dan perlahan-lahan akhirnya mati. Dengan adanya budaya inovasi dan kreatifitas, maka perusahaan akan berkembang dan maju.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan dan membangun budaya inovasi di perusahaan adalah sbb :

1. Penempatan Kerja Karyawan Sesuai Bakat

The righ man on the right place yaitu penempatan kerja karyawan sesuai dengan bakat dan kemampuan karyawan. Dengan bekerja di posisi yang sesuai dengan bakat dan kemampuan maka mudah untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Dampak dari penempatan kerja sesuai bakat adalah produktivitas karyawan akan meningkat dan mudah untuk diajak berpikir dan diskusi tentang perbaikan dan inovasi.

2. Memfasilitasi Karyawan agar Kreatif dan Inovatif

Untuk menjadi kreatif dan inovatif dibutuhkan lingkungan yang mendukung. Dukung seluruh karyawan untuk berprestasi. Fasilitasi karyawan untuk menjadi seorang yang kreatif dan inovatif. Untuk melakukan inovasi dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, dukung fasilitasi dengan anggaran dana yang memadai. Selain itu perlu untuk melatih karyawan melakukan inovasi di tempat kerja.

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi dari usaha kreatif dan inovasi dari karyawan. Kolaborasikan masing-masing ide yang ada sehingga berpikir kreatif dan inovatif menjadi sebuah budaya perusahaan.

3. Menjadi Pemimpin yang Memiliki Toleransi

Menjadi pemimpin yang memiliki toleransi dalam manajemen inovasi sangat penting. Karena untuk melakukan inovasi tidaklah mudah, resiko terjadinya kegagalan demi kegagalan akan terjadi. Nah sikap dan respon pemimpin saat karyawan mengalami kegagalan itulah yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam membangun budaya inovasi di perusahaan.

Jika pemimpin mampu memberikan semangat dan motivasi bagi karyawan saat mengalami kegagalan dan mau mendengarkan faktor-faktor pemicu kegagalan, maka kegagalan menjadi pelajaran berharga bagi karyawan.

Karyawan akan merasa dihargai jerih payahnya walaupun masih gagal dan karyawan pasti akan lebih semangat lagi untuk memikirkannya. Hargai setiap ide karyawan dan berikan tanggapan dengan penuh antusias dan semangat.

4. Merayakan Keberhasilan dari Ide Kreatif dan Inovatif

Rayakan keberhasilan untuk sebuah ide kreatif dan inovatif yang dikembangkan oleh karyawan. Jangan pelit, sekedar mentraktir mereka minum teh atau makan siang disela kesibukan kantor. Nantinya akan ada banyak sekali ide kreatif dan inovatif yang keluar dari karyawan. Penghargaan tidak semata memuji namun Anda bisa dengan menaikkan pangkat atau jabatan, memberikan penyesuaian gaji juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

5. Berani Mengambil Resiko dari Ide Kreatif

Ada pepatah bahwa dibalik resiko ada rezeki. Artinya untuk melakukan perbaikan itu tidak mudah, pasti ada tantangan dan kesulitan. namun jika kita bisa melewatinya maka kesuksesan imbalannya.

Berikan tantangan terus pada karyawan untuk memberikan ide inovasi. Jangan takut mengambil sebuah resiko dari ide kreatif yang ingin dijalankan. Namun sebelum menjalankan sebuah ide inovasi tentu harus sudah melalui berbagai analisa yang menyeluruh, agar kegagalan bisa diminimalkan.

Dengan demikian inovasi akan menjadi budaya dalam menghadapi persaingan dan tantangan jaman yang semakin berat. Dengan menjalankan tips cara mengembangkan budaya inovasi di perusahaan diatas semoga inovasi menjadi budaya perusahaan. Rangsang terus karyawan untuk menciptakan budaya inovasi di perusahaan. Dengan demikian dalam jangka panjang karyawan dan perusahaan akan terbiasa untuk mengembangkan budaya inovasi.

HIMBAUAN : Jika artikel ini bermanfaat bagi teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR teman-teman kita juga bisa mendapatkan manfaatnya. Terimakasih…

Berlangganan dan Download 3 ebook Gratis

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *