Inovasi Bisnis di Bidang Jasa pada Era Industri 4.0

Berlangganan dan Download 3 ebook Gratis

inovasi bisnis di bidang jasaSalah satu senjata ampuh yang wajib dimiliki oleh pelaku usaha dalam bisnis adalah kemampuan berinovasi. Pemikiran inovatif pebisnis handal akan mewujudkan berbagai produk dan jasa yang memiliki kelebihan dan keunggulan. Hal inilah yang akan membawa seorang pebisnis menuju puncak kesuksesan dalam memenangkan kompetisi bisnis. Dan juga inovasi kreatif yang ditawarkan akan membuat konsumen menantikan produk atau jasa yang akan ditawarkannya.

Di era globalisasi yang makin berkembang saat ini, semua roda bisnis berputar dengan cepat, termasuk di sektor jasa. Inovasi bisnis di bidang jasa pada era industri 4.0 ini sangat luar biasa. Penawaran jasa dari para pelaku bisnis mengalami perkembangan yang sangat pesat mengikuti tuntutan jaman. Dengan semakin beragamnya kebutuhan konsumen menuntut pelaku bisnis untuk berinovasi kreatif.. Hal ini yang menjadi penyebab perkembangan model bisnis jasa sangat cepat dan modern.

Selain itu globalisasi juga mempengaruhi mindset masyarakat untuk memenuhi kebutuhan secara mudah, cepat dan instan. Tuntutan tersebut membuat para pelaku bisnis berpikir inovatif kreatif menciptakan peluang-peluang bisnis baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Sekarang bisa kita lihat di sekitar kita bagaimana tumbuh dan berkembangnya bisnis di bidang jasa.

Sebagai pebisnis, sudah seharusnya lebih peka dalam melihat keinginan masyarakat agar bisa memenangkan persaingan bisnis. Jangan melihat persaingan sebagai sebuah ancaman, namun jadikan sebagai pemicu gairah untuk melakukan inovasi dan berpikir kreatif untuk memberikan nilai lebih kepada konsumen. Banyak pelaku bisnis di bidang jasa yang berhasil dan sukses setelah melakukan perubahan-perubahan inovatif. Banyak contoh inovasi bisnis di bidang jasa yang bisa untuk referensi dalam berinovasi :

1.   Inovasi Bisnis Jasa Ojol ( Ojek Online)

Sebuah terobosan inovasi bisnis di bidang jasa transportasi yang membuat pelaku bisnis konvensional terkejut adalah ojol yaitu ojek online.Ini adalah sebuah inovasi kreatif yang mencatatkan kesuksesan bidang transportasi di era industri 4.0. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, kehadiran kehadiran ojek online bagi para pengguna jasa ojek sangat menggembirakan. Sistem penetapan tarip yang transparan dan jelas, membuat konsumen tidak khawatir, karena tarip sudah tertera di aplikasi sebelum memutuskan untuk memesannya.

Sebelum bisnis transportasi melakukan inovasi dengan sistem pemesanan online lewat aplikasi android, masyarakat menggunakan jasa ojek pangkalan (opang). Namun dengan makin berkembangnya teknologi pada layanan transportasi online, masyarakat mulai menyukai menggunakan jasa transportasi online seperti go-jek, GrabBike, UberMotor, Jeger Taksi, TopJek, TeknoJek, Pro-Jek, Bojek, Ojek Argo, Bang Ojek. Dengan menggunakan aplikasi yang cukup diinstal di handphone, proses pemesanan menjadi mudah, sistem tarip transparan dan servicenya memuaskan.

Peran inovasi dalam bidang jasa transportasi telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan transportasi menjadi lebih praktis,aman dan berkualitas.

2. Inovasi Jasa Pengiriman Barang

Perubahan perilaku masyarakat di era digital sangat luar biasa. Salah satunya adalah belanja online. Dengan kemudahan layanan yang bisa diakses dengan smartphone, dampaknya adalah terjadi peningkatan belanja online.

Dengan berkembangnya bisnis online, maka jasa pengiriman barang juga mengalami peningkatan permintaan. Para pebisnis online mulai berpikir bagaimana caranya bisa segera mendistribusikan barang untuk bisa cepat sampai ke pelanggan. Ini merupakan inovasi di bidang jasa, agar layanan pengantaran barang bisa cepat sampai.

Pengiriman barang dengan menggunakan aplikasi android merupakan Inovasi jasa pengiriman barang. Anda cukup memesan pengiriman barang dengan menggunakan aplikasi dari smartphone. Beberapa jasa pengiriman barang yang berbasis aplikasi antara lain : Go-Box, Go-send, Grab Express, Deliveree.

Layanan jasa pengiriman barang di atas bisa cepat sampai. Di hari yang sama barang sudah bisa sampai ke alamat. Penetapan tarip berdasarkan jarak tempuh dari pengirim ke penerima barang. Dengan inovasi jasa pengiriman barang ini bisa membantu kelancaran bisnis Anda.

3. Inovasi Jasa Titip Belanja

Salah satu tujuan inovasi adalah menciptakan sesuatu menjadi lebih baik dan lebih mudah. Inovasi adalah sesuatu yang positif, yang bisa membawa kebaikan dan  kemudahan. Saat ini bisnis jasa titip belanja lagi berkembang. Ide bisnis ini muncul dari pengembangan bisnis online. Cara memasarkannya cukup melalui media sosial seperti facebook dan instagram. Tampilkan photo katalog dan deskripsi produk dengan sejelas-jelasnya. Maka menekuni bisnis ini nyaris tidak memerlukan modal besar.

Harga barang dibandrol dengan menjumlahkan harga barang ditambah dengan jasa pengiriman dan jasa titipnya. Barang yang sering dipesan melalui jasa titip antara lain : Aneka makanan khas, tas, pakaian, sepatu, buku, aksesoris, elektronik, make-up, mainan, dll.

Silahkan melakukan pengamatan di sekitar kita, mengenali peluang-peluang barang yang bisa dijual melalui jasa titip belanja.

4. Layanan Pasar Online (Marketplace)

Marketplace adalah sebuah tempat jual beli produk dengan dukungan aplikasi web e-commerce. Pemilik layanan marketplace memfasilitasi transaksi  antara penjual dan pembeli produk. Penjual cukup membuat akun toko/lapak di marketplace ,selepas itu bisa langsung memajang produk yang akan dijual secara online. Membuka lapak di marketplace gratis, sehingga merupakan alternatif mudah untuk jualan online.

Keberadaan marketplace memberikan kemudahan dalam belanja online. Konsumen tidak perlu antri untuk belanja, cukup mengakses website/situs marketplace dengan menggunakan smartphone atau komputer untuk memilih dan membeli produk yang diinginkan.

Kemudahan ini menyebabkan peningkatan pertumbuhan belanja secara online di Indonesia. Beberapa pasar online (marketplace) e-commerce di Indonesia yang besar dan terpercaya, antara lain : Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, Elevania, dll.

Untuk bisa melakukan inovasi di bidang jasa seperti contoh inovasi di atas, dibutuhkan kreatifitas berpikir dengan menjawab pertanyaan :”Apa yang harus saya lakukan agar fungsi, manfaat, kualitas , efektifitas, produktivitas dan kemudahaan bisa lebih baik?”.

HIMBAUAN : Jika artikel ini bermanfaat bagi teman-teman, MOHON artikel ini disharing kepada yang lain AGAR teman-teman kita juga bisa mendapatkan manfaatnya. Terimakasih…

Berlangganan dan Download 3 ebook Gratis

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *